BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Senin, 07 Desember 2009

BudaYa Madura Sebagai Media Dakwah



TOPENG DALANG MADURA YANG MENGANDUNG UNSUR SPIRITUAL

Konon topeng dikatakan sebagai bentuk keseniaan yang paling tua,karena topeng pada masa lalu dipergunakan oleh penganut Animisme dan Hinduisme ketika mengalami sesuatu yang mengkhawatirkan, seperti : bencana alam ataupun penyakit.Pada masa itu topeng digunakan sebagai media untuk berhubungan dengan alam ghaib ,dengan para penguasa alam lain,dengan roh-roh nenek moyang .Pementasan Topeng pada zaman itu dimaksudkan agar mampu berdamai sekaligus mengusir roh-roh jahat yang mengganggu kehidupan mereka.
Selain ludruk,topeng merupakan bentuk teater rakyat yang palin popular di daratan pulau Madura.Menurut babad Madura yang ditulis pada abad 19,topeng dalang pertama kali dikembangkan pada abad ke-15 di desa Proppo,kerajaan Jambwaringin,Pamekasan pada masa pemerintahan Prabu Menak Senaya inilah pertama kali menumbuhkan topeng di wilayah Madura,karena bukti-bukti keberadan topeng di daerah proppo banyak diketemukan.Yang dijadikan model pembuatan topeng (tatopong-bahasa Madura) adalah figure tokoh-tokoh pewayangan.
Mengingat hubungan Madura dengan kerajan Majapahit dan Singosari yang mesra,tak dapat dipungkiri bahwa topeng dalang Madura merupakan kelanjutan dari teater topeng di kedua kerajaan Jawa Timur tersebut.Namun dalam perkembangannya,topeng di Madura menempuh jalan sendiri,lebih-lebih ketika agama Islam mulai masuk ke pulau Madura.Unsur-unsur cerita yang dipentaskan,banyak menyelipkan penjabaran nilai-nilai spiritual dan nilai-nilai moral serta nilai filosofi yang berlandaskan ajaran islam.Benuk-bentuk penggarapan topeng pun mulai dihubungkan dengan hasil modifikasi topeng yang dirancang pada era para wali,terutama dalam hal kesederhanaannya.
Pada abad ke-18 topeng dalang yang semula merupakan teater rakyat,kemudian diangkat menjadi kesenian istana.Di dalam lingkungan istana,ragam hias topeng yang sederhana dimodifikasi kembali.Bentuk dan kehalusan ukirannya diperindah,begitu pula dengan seni karawitannya,seni pedalangan sekaligus pemanggungan /pementasan.Sehingga pada masa itu,merupakan masa berkembangnya sastra Madura.Apalagi hubungan antara raja Mataram semakin erat,sehingga pengaruh Mataram tak dapat dielakkan lagi.
Perkawinan antara seorang keluarga kerajaan Mataram dengan keluarga Madura,yaitu Pangeran Buwono VII (1830-1850) dengan salah satu putri raja Madura (Bangkalan),semakin mengokohkan jalinan kekeluargaan.Karena mertuanya senang dengan topeng dalang,Paku buwono VII memberikan hadiah seperangkat topeng lengkap dengan busana dan perlengkapannya.Kehadiran topeng hadiah dari Solo ini sedikit banyak berpengaruh pada seni topeng Madura,terutama kehalusan ukiran-ukirannya.
Pada abad ke-20,setelah karajaan-kerajaan mulai hilang dari bumi Madura,topeng Dalang kembali menjadi kesenian rakyat dan mencapai puncak kesuburannya sampai tahun 1960.Hal ini dapat dilihat dari banyaknya grup kesenian,banyaknya dalang dan banyaknya pengrajin topeng di berbagai pelosok.Memasuki decade 1960-an topeng dalang mengalami masa surut.Hal ini disebabkan banyaknya tokoh-tokoh topeng yang meninggal dunia,sedangkan tokoh-tokoh muda belum muncul dan menguasai seni topeng dalang.
Pada tahun 1970-an topeng dalang kmbali bangkit dan itu tidak terlepas dari jasa dalang tua Sabidin (dari sumenep), yang tetap bertahan dan eksis dalam menggeluti topeng dalang sekaligus mendidik kader-kader muda yang berasal dari beberapa daerah di sumenep.Pengkaderan diprioritaskan pada penguasaan materi pedalangan maupun mendidik penari-penari topeng.Kerja keras dalang Sabidin membuahkan hasil,murid-murid hasil didikannya mampu menguasai dan melestarikan kembali seni topeng dalang.

Karakteristik Topeng Madura
Adapun bentuk topeng yang dikembangkan di Madura,berbeda dengan topeng yang ada di Jawa,Sunda dan Bali.Topeng Madura pada umumnya lebih kecil bentuknya kecuali Semar,hampir semua topeng itu diukir pada bagian atas kepala dengan berbagai ragam hias.Ragam hias yang paling popular ialah hiasan bunga melati.Sedangkan untuk tokoh-tokoh penguasa zalim digunakan ragam hias badge,yaitu lambing yang dipakai para penguasa colonial belanda.Selain itu topeng Madura ada dua jenis,satu berukuran seluas telapak tangan ,satu lebih besar.Bentuk topeng ini tidak sepenuhnya bisa menutup wajah penari,terutama dagu,maka gerak dagu dalam setiap pementasan tidak dapat disembunyikan,dan ini memberikan nilai estetik tersendiri.
Adapun penggambaran karakter pada topeng Dalang selain tampak pada bentuk muka juga dalam pemilihan warna.Untuk tokoh yang berjiwa bersih dan suka berterus terang digunakan warna putih.Sedangkan warna merah,digunakan untuk tokoh-tokoh tenang dan penuh kasih saying (took yudistira),hitam untuk tokoh yang arif bijaksana,bersih dari nafsu duniawi (tokoh wayang krisna).Untuk penggambaran tokoh anggun dan berwibawa,digunakan warna kuning emas (tokoh wayang subadra).Sedangkan penggambaran tokoh yang pemarah,licik dan sombong memakai warna kuning.
Begitu pula konsep karakter tokoh topeng,setelah menyebar ke berbagai wilayah para dalang memodifikasi sesuai dengan karakter daerah di mana topeng itu tumbuh dan berkembang.Sehingga tidak mengherankan kalau konsep karakter tokoh-tokoh wayang Madura dengan konsep karakter topeng Jawa Tengah agak berbeda.Salah satu contoh adalah di lingkungan Astina,Suyudana sang Raja,ternyata oleh orang Madura dicitrakan sebagai raja yang lemah lembut,dan topengnya diberi warna hijau syahdu.Di Jawa Tengah dan Solo,Sayudana adalah Raja yang citranya keras dan cenderung kasar.
Ciri khas yang paling spesifik dan unik dari topeng dalang Madura adalah dipakainya ghungseng (giring-giring) dipergelangan kaki penari.Pemakaian ghungseng (giring-giring) tersebut bukan hanya sekedar hiasan,bunyi giring-giring yang selalu terdengar ketika setiap kaki penari bergerak menjadi alat bantu yang ekspresif sekaligus menjadi media komunikasi para penari sepatah pun tidak boleh berdialog (dialog dilakukan sang dalang ,dan tokoh Semar).Disamping itu,ghungseng dipergunakan sebagai kode perubahan gerak dalam cerita,misalnya bunyi sreng (panjang) berarti ase rek dan bunyi kroncang-kroncang berarti para pemain sedang berjalan.Ghungseng biasanya dikenakan oleh para pemain yang berperan sebagai tokoh antagonis.
Topeng dalang Madura yang dikenakan para pemain,terkesan cukup sederhana,bersahaja dan agak kaku ukirannya,inilah salah satu hal yang membedakan dengan topeng Yogyakarta,solo,bali,ataupun daerah Jawa lainnya.Barangkali karakteristik topeng Madura diidentikkan dengan pembawaan dan karakter orang Madura yang terkenal keras,kaku tapi polos dan jujur.
Adapun dalam setiap pementasan seluruh pemain topeng dalang serta seluruh penari didominasi pemain laki-laki.Setiap pementasan dibutuhkan penari sebanyak 15sampai25 orang dalam setiap lakon yang dipentaskan semalam suntuk.Adapun aksesoris yang dibutuhkan para pemain meliputi: teropong,sapiturung,ghungseng,kalong(kalung) rambut dan badung,sedangkan untuk pemeran wanita,aksesoris tambahan berupa sampur,kalung ular,gelang dan jamang.
Topeng sebagai Media Dakwah
Topeng merupakan bentuk kesenian teater rakyat yang paling kompleks dan utuh.Hal tersebut disebabkan dalam kesenian topeng mengandung unsure cerita,unsure tari,unsure music,unsure pedalangan dan unsure kerajinan.Sehingga bentuk kesenian ini dianggap paling pas untuk digunakan sebagai media dakwah.Oleh para Sunan dan dalang inovatif dan kreatif,tokoh-tokoh baru diciptakan dan alur cerita mengalami perubahan,dari cerita yang syarat dengan bobot filsafat dan filosofi Hindu,diganti dengan tooh-tokoh dan alur cerita yang mengandung bobot nilai-nilai moral dan nilai-nilai filosofi islami.Tanpa mengubah tema cerita ,yaitu peertentangan dan konflik antara tokoh antagonis dan protagonist.Bahwa kebajikan akan selalu menang melawan kebatilan.
Sebagai media dakwah,kesenian topeng telah menjelajahi hampir semua wilayah nusantara dan telah mengalami perubahan.Oleh sutradara – sutradara yang kreatif dan inovatif,cerita-cerita baru,tokoh-tokoh baru diciptakan sesuai karakter daerah dimana topeng itu dipentaskan.Sehingga tidak mengherankan,apabila alur cerita dalam pementasan topeng tidak murni lagi menjalankan alur cerita yang bersumber dari kisah Ramayana dan Mahabarata.Melalui tokoh-tokoh yang dimainkan,nilai-nilai keagamaan,nilai-nilai moral ditanamkan kepada penganutnya.Hal itu dilakukan dengan jalan menciptakan bait-bait,gending-gending maupun jalinan kisah (cerita) yang mengandung nilai-nilai moral,nilai-nilai filosofi Islami.
Sebagai seni pertunjukan rakyat,teater topeng Dalang dipentaskan untuk memeriahkan berbagai acara,misalnya : upacar perkawinan,selamatan desa dan laut,khaul (peringatan yang berhungan dengan meninggalnya seseorang/tokoh.),serta ritual rokat.Adapun kisah-kisah yang dimainkan disesuaikan dengan suasana hajatan.Misalnya,ruwatan untuk anak bungsu yang mengambil kisah Pandawa Bungsu.
Prosesi Pertunjukan
Seperti halnya Ludruk,salah satu jenis kesenian Jawa Timur yang mengawali setiap pementasan dengan “ngremo”,Topeng Dalang juga membuka pagelaran dengan penampilan tarian.Dalam setiap pementasan biasanya yang ditampilkan adalah jenis tarian sacral.Setelah tari pembukaan,Dalang membuka dengan pemaparan prolog/panorama.Kemudian disusul tembang- tembang Suluk,alunan tembang ini mengantarkan para penonton untuk memasuki ini cerita yang akan dipentaskan.Suluk dan dialog dalam topeng Dalang Madura memakai bahasa Madura halus.Untuk Suluk pembukaan memakai bahasa Jawa kuno,hal ini membuktikan bahwa topeng awalnya berasal dari satu sumber.
Dalam setipa pertunjukan,tokoh utama yang menggerakkan semua pemeran adalah Dalang.Ki dalang sebagai pemimpin orchestra gamelan,menyajikan suluk narasi dan mengucapkan dialog.Dengan suaranya yang lembut,kadang menghentak keras di dalam memimpin penari-penari di belakang topeng.Semua pemeran lakon/penari tidak berbicara,kecuali Semar.Karena dialog dan nyanyian seluruhnya diucapkan oleh dalang yang duduk dibelakang layar.Pada layar tersebut dibuat lubang kecil,dari lubang berbentuk segi empat inilah dalang mengisahkan lakon sesuai dengan cerita.Di depan layar,para pemain lakon menyesuaikan dengan gerakan-gerakan tari setiap alur yang dikisahkan dalang.
Setiap lakon yang dibawakan selalu sarat dengan gaung cinta,adegan heroic ataupun beragam petuah bermakna filosofis kehidupan yang kental.Ditambah dengan gerak tarian,terangkai dalam gerak yang kompleks.Kadang-kadang gerakan tarinya halus,lemah lembut dan melankolis,lalu berubah kasar,kakuh dan sedikit naïf,namun dibawakan dengan emosi yang penuh ekspresif.Dalam setiap pementasan penampilan parah penari sangat sedehana tetapi ekspresif.Sekalipun setiap gerak tari agak naïf dan sedikit kakuh,namun mengandung nilai spiritual yang tinggi.Dan itu merupakan salah satu nilai plus karena nilai-nilai yang terkandung dalam setiap gerakan masih brilian,bersih dan otentik.
Adapun gerakan atau gaya tarian yang dipakai dalam pertunjukan topeng dalang ada beberapa macam,di antaranya: Tandhang Alos (Tari Halus),Tandhang Baranyak (Tari Sedang),Tandhang Galak (Tari Kasar),dan putrid (gerak penari perempuan).Masing-masing Tandhang ini diiringi oleh gending-gending tersendiri.Tandhang Alos diiringi gending-gending Puspawarna,Tallang,Rarari,dll.Tandhang Baranyak diringi gending-gending,Calilit,Pedat dan Lembik.Sedangkan tandang Ghalak diringi gending-gending Gagak,Pucung,Kwatang Serang,dan Gunungsari.Alat-alat music yang dipakai adalah gamelan,ditambah lagi crek-crek yang dipakai oleh dalang.
Nilai plus pada Topeng Dalang Madura adalah suasana dengan nuansa magis yang dibangun oleh bunyi gemerincing ghungseng.Seolah-olah getaran ghungseng menyebar ke seluruh arena membentuk suasana yang diperlukan ,baik suasana sedih ,gembira ataupun tegang.Apalagi ketika penari menghentrak-hentakkan kaki,sepanjang pertunjukan tak sepi dari suasana ghungseng,apabila disimak memang suara satu dan lainnya memberikan ekspresi tersendiri.
Pada masa lalu,lakon yang dimainkan dalam Topeng Dalang banyak mengambil kisah Panji atau kisah-kisah seperti Damar Wulan.Namun dalam perkembangannya,kisah-kisah yang dipentaskan saat ini banyak mengambil cerita dari epic Ramayana dan Mahabrata yang ditambah cerita-cerita carangan yang tokoh-tokohnya tetap merupakan tokoh-tokoh Ramayana atau Mahabharata.
Dalam setiap pementasan kisah Mahabharata lebih sering ditampilkan.KArena kisah-kisah dalam Mahabharata terdapat lebih banyak pertentangan,perseteruan dan konflik.Konflik multidimensi,dari masalah cinta,perang saudara,perebutan tahta,ideology maupun pertentangan antara anak dengan orang tua,murid dengan guru,saudara dengan saudara.Konflik-konflik tersebut dibumbui dengan aduh kedigdayaan,baik berupa senjata mustika maupun kesaktian yang dimiliki oleh para kesatria.
Sebagai media dakwah,cerita dalam epic Mahabharata telah dimodifikasi sedemikian rupa.Tokoh-tokoh dan alur cerita tetap sama.Namun isi maupun filosofinya diubah menjadi cerita yang bercerita dan bernafaskan Islam.Hal ini dapat dibuktikan dalam cerita Mustakaweni atau Hilangnya Jimat Kalimosodo.Jimat Kalimosodo adalah sebuah senjata pusaka yang berkekuatan istimewah yang dapat digunakan untuk maksud apa saja sesuai dengan kehendak pemiliknya.
Cerita jimat Kalimosodo adalah asli buatan Demak.Maksudnya Azimah = jimat (sesuatu yang bertuah/sakti).Sada = Syahadat (Persaksian,bukti diri),jimat Kalimosodo berarti Azimah Kalinat Syahadah,mempunyai kesaktian luar biasa dan dimiliki oleh keluarga – keluarga yang baik seperti Pandawa.Sedangkan Pandawa Lima ,ada yang mengartikan Rukun Islam yang Lima,atau Lima waktu sholat dan lain lain.
Teater Tradisional Masyarakat Pinggiran
Teater topeng dalang Madura,satu-satunya teater tradisional yang mampu menaikkan pamor seni tradisi.Di era tahun 80 sampai 90-an,Topeng Dalang Sumenep (Madura) malanglang buana ke balahan benua Amerika,Asia, dan Eropa.Kota-kota bear dunia yang disinggahi pada waktu itu adalah Negara London,Amsterdam,Belgia,Perancis,Jepang,dan New York.Penampilan seni tradisional tersebut ternyata mampu memikat , memukau, menghipnotis dan menimbulkan decak kagum para penonton.Begitu hangat sambutan masyarakat internasional terhadap teater tradisional ini.
SANGATLAH DISAYANGKAN !!!!!!!!!!!!!!!!!!!
KEKAGUMAN YANG PERNAH DIBANGUN OLEH PARA DALANG DI MASA ITU,SAAT INI MULAI .PUDAR

0 komentar: